Carlos Slim Helu

| Rabu, 01 Mei 2013

Carlos Slim Helu
(1th Rich Man in the World)







Pada tahun 1902, Julián Slim Haddad, ayah dari Carlos Slim Helu, tiba di Meksiko dari Libanon, sendirian dan 14 tahun, berbicara Spanyol tidak. Dia melarikan diri dari penindasan Kekaisaran Ottoman, yang pada saat itu pemuda wajib militer menjadi tentara tersebut; ibu itu mengirim anak mereka ke pengasingan sebelum berbalik lima belas.

Dan dengan demikian Don Julián tiba di Meksiko, ia adalah seorang pria muda, energik dan penuh antusiasme dan ide-ide, yang setelah disembarking di Veracruz, pindah ke Tampico, Tamaulipas, di mana empat kakak-kakaknya sudah menetap sejak 1898 (José, Elías, Carlos dan Pedro Slim) dengan keyakinan bahwa mereka akan sukses bersama-sama dengan negara yang telah menerima mereka.

Ibu Carlos Slim itu, Doña Linda Helú, lahir di Parral, Chihuahua. Dia adalah putri dari José Helu dan Wadiha Atta, imigran Lebanon yang tiba di Meksiko pada akhir abad ke-19, dan setelah bepergian melalui beberapa kota di Republik Meksiko, memutuskan untuk menetap di ibu kota. José Helu membawa mesin cetak pertama Arab ke Meksiko dan mendirikan salah satu majalah pertama untuk masyarakat Lebanon di negeri ini.

Saudara-saudara Slim kemudian pindah ke Mexico City dan pada tahun 1911, Julián Slim dan saudaranya José, yang berusia tiga belas tahun lebih tua dari dia, mendirikan perusahaan La Estrella de Oriente ("Bintang Timur"), sehingga dinamai untuk menghormati mereka negara asal. Kemitraan itu dibentuk dengan 25.800 peso, masing-masing memberikan kontribusi 50 persen. Pada bulan Mei 1914, di tengah-tengah Revolusi Meksiko, Don Julián, kemudian 26 tahun, membeli saham lima puluh persen saudaranya untuk 30.000 peso.

La Estrella de Oriente adalah barang kering yang penting menyimpan terletak di Capuchinas de Calle (hari Venustiano Carranza), bahwa, dari waktu ke waktu dan dengan etos kerja yang luar biasa Don Julián dan bakat bisnis, memiliki barang dagangan senilai lebih dari US $ 100.000 21 Januari 1921, hanya sepuluh tahun setelah bisnis didirikan. Pada saat itu, Don Julián juga telah mengambil alih sebelas properti lebih di daerah, yang merupakan salah satu. Paling komersial, aktif dan signifikan di pusat kota Mexico City, dan karena itu di negara Nilai saat ini dari toko akan lebih dari US $ 7 juta hari ini, dan real estat akan bernilai sekitar US $ 28 juta.

Pada 1922, kekayaan bersih Don Julián yang sudah peso $ 1.012.258 antara real estate, bisnis dan berbagai saham. Pada bulan Agustus 1926, Julián Slim Helu dan Linda menikah di Mexico City. Putri pertama mereka, Nour, lahir empat tahun kemudian, dan Alma dua tahun setelah itu, diikuti oleh Julián, José, Carlos dan Linda.

Dengan kecerdasan dan keuletan untuk bekerja, Don Julián Slim Haddad akan menjadi seorang pengusaha terkemuka dan ayah dari sebuah keluarga teladan yang mampu menanamkan dalam diri anak-anaknya baik nilai-nilai moral dan dedikasi untuk dan keakraban dengan pekerjaan.

Alasan untuk sukses komersial Don Julián Slim Haddad itu adalah sederhana: sebuah karya panggilan, bakat dan keras. Pemikiran Don Julián itu dari waktu ke depan, mengingat pemahaman yang mendalam usahanya, oleh 1920-an dia sudah berbicara tentang bisnis yang efisien sebagai salah satu yang menjual volume besar di margin yang lebih kecil, dan dengan pembayaran fasilitas, faktor yang saat ini berlaku di diskon besar toko.

Pada tahun 1927, ketika kebijakan migrasi Meksiko berhenti menjadi menguntungkan bagi banyak orang asing dan Lebanon, imigrasi dibatasi, Don Julián Slim, yang menjabat sebagai presiden dari Chamber of Commerce Lebanon selama hampir 20 tahun (dari 1930 sampai dibubarkan pada akhir 1940-an), berhasil mengajukan singkat hukum yang panjang dan baik diteliti dengan Departemen Luar Negeri yang menggambarkan kegiatan dan karakteristik rekan senegaranya dan membela hak-hak mereka. Berkat ini, ada resolusi yang menguntungkan bagi para imigran. Sebuah bagian dari dokumen ini berbunyi sebagai berikut:
"Lebanon ditandai dengan pekerjaan mereka, perekonomian mereka, kesederhanaan mereka, seberapa mudah dan cepat mereka belajar bahasa negara mereka pergi ke dan di mana mereka hidup damai, terutama di tempat-tempat seperti México yang menjaga komitmen suci untuk kemerdekaan pribadi dan cinta tanah air ".

Selama kepemimpinannya Chamber, ia melakukan sensus terhadap semua pengusaha Lebanon di Meksiko dan secara aktif berpartisipasi dengan mereka dalam Kampanye Nasionalis dari tahun 1930-an, yang tujuannya adalah untuk mempromosikan industri Meksiko dengan membeli dan mengkonsumsi dibuat-in-Mexico produk, dengan tujuan menguntungkan perdagangan, pekerjaan dan pembangunan nasional. Moto kampanye itu "mengkonsumsi apa negara menghasilkan." Meskipun kampanye ini mendapat dukungan dari Presiden Republik (Pascual Ortiz Rubio) tidak biaya negara federal yang treasury sepeser pun karena berbagai ruang perdagangan memberikan kontribusi sumber daya untuk menyebarkan dan mempromosikannya. Kampanye selalu menganjurkan keunggulan produk Meksiko dan untuk peningkatan ekspor negara itu. Partisipasi Don Julián adalah sangat aktif, penting dan dinamis dalam gerakan penting dan itu terbukti kemampuan luar biasa untuk berasimilasi dengan budaya negara yang ia diasumsikan dan dipertahankan sebagai miliknya. Selama periode itu ia meminta dan akhirnya memperoleh kewarganegaraan Meksiko.

Komite Relator dari Ejercito de la Revolución mengakui Don Julián Slim, ayah Mr Carlos Slim.Don Julian dianugerahi Presiden kehormatan dari de la Revolución Ejercito pada tahun 1937 karena komitmen kepada Meksiko dan lembaga-lembaganya.

Carlos Slim Helú lahir pada tanggal 28 Januari 1940 di Mexico City, di mana ia belajar dari awal nilai keluarga sebagai prioritas dalam hidup. Dia juga menerima pelajaran pertamanya bisnis pada anak usia dini, sebagai Don Julián memberikan masing-masing anak-anaknya sebuah buku tabungan dengan uang saku mingguan yang biasa mereka agar mereka belajar untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran. Mereka terakhir buku ini dengan dia, menganalisis pengeluaran mereka, pembelian dan kegiatan, dan dengan mengikuti aturan ini anak Don Julián yang mengelola keuangan mereka dan mengembangkan kekayaan mereka sendiri. Dari bahwa investasi waktu dan penghematan adalah bagian dari kehidupan muda Carlos, menjadi pelajaran pertamanya dalam bisnis, yang segera dimasukkan ke dalam praktek dengan membuka rekening giro pertamanya dan membeli saham Banco Nacional de México ketika dia hanya 12 tahun.

Dengan orang tuanya dan lima saudara, Carlos Slim Helu dibesarkan di sebuah keluarga, dekat penuh kasih yang diajarkan oleh contoh yang baik, tetapi pada tahun 1953 Don Julián mati mendadak, sangat mempengaruhi keluarga Helú Slim, itu adalah pukulan emosional menyedihkan dan tak terduga yang meninggalkan bekas yang terlihat di rumah. Carlos saat itu masih sangat  tiga belas tahun. Namun dia haru merasakan kepahitan yang dalam.

            Carlos Slim Helú belajar Teknik Sipil di Universitas Otonomi Nasional Meksiko (UNAM dikenal dengan akronim Spanyol-nya) Sekolah Teknik, di mana ia juga mengajar Aljabar dan Linear Programming selama kuliah untuk gelar, yang berarti bahwa ia adalah baik seorang mahasiswa dan profesor.

Pada tahun 1965, ketika dia hanya 25 tahun, ia mulai membangun fondasi Grupo Carso. Inmobiliaria Carso didirikan pada bulan Januari 1966, tiga bulan sebelum menikah Soumaya Domit Gemayel, maka nama Carso, yang merupakan kombinasi dari tiga huruf pertama dari Carlos dan dua huruf pertama dari Soumaya.

Sejak 1980-an ia telah menjadi pengusaha di real mencatat berbagai industri, nyata dan bidang komersial. Pada tahun 1982, yang merupakan saat kritis dalam sejarah Meksiko dengan krisis utang, nasionalisasi sistem perbankan dan keuangan negara hampir lumpuh, Carlos Slim, dan Grupo Carso nya memutuskan untuk berinvestasi dan aktif. Mereka membuat investasi yang beragam dan akuisisi selama periode ini, salah satunya adalah Cigatam, yang ternyata menjadi yang pertama dan paling penting karena arus kas, menyediakan Grup dengan likuiditas yang cukup untuk memanfaatkan peluang yang tersedia dan dengan demikian meningkatkan itsacquisitions perusahaan besar , termasuk: Hulera el Centenario, Bimex, Calinda Hoteles (hari ini, Ostar Grupo Hotelero) dan Reynolds Aluminio. Beberapa waktu kemudian pembelian Seguros de México ditutup, dan Grupo Financiero Inbursa dibentuk dengan mengintegrasikan Casa de Bolsa Inversora Bursátil, Seguros de México dan Fianzas La Guardiana. Pada tahun 1985, Grupo Carso mengakuisisi kontrol Artes GRAFICAS Unidas, Fabricas de Papel Loreto y Peña Pobre, dan juga saham mayoritas di Sanborns dan Dennys afiliasinya. In 1986 Minera FRISCO dan Empresas Nacobre diperoleh, serta afiliasi mereka, dan pengendalian perusahaan ban Euzkadi, pemimpin pasar pada saat itu, juga diperoleh, seperti saham mayoritas di Tire Umum beberapa tahun kemudian.

Pada tahun 1990, kelompok mengakuisisi TELMEX dalam kemitraan dengan KTSP dan France Telecom, dan memulai era baru pembangunan kewirausahaan di sektor strategis secara global. Selama 22 tahun, TELMEX telah mengembangkan platform teknologi kelas dunia yang telah mengoptimalkan proses dan memperkuat budaya perusahaan. Selama jangka waktu ini TELMEX telah menginvestasikan setara dengan US $ 27692000000 dalam infrastruktur telekomunikasi Meksiko dan, dikombinasikan dengan operasi di Amerika Latin, lebih dari US $ 33.000 juta.

América Móvil adalah contoh yang baik dari penciptaan nilai bagi investor. Sejak tahun 1996, itu adalah pelopor dan inovator global sistem prabayar selular. Pada tahun 1990, Radiomóvil Dipsa (hari ini TELCEL) memiliki 35 ribu pelanggan, hingga Juni 2012, memiliki 313.100.000 klien di Amerika Latin, 251,8 juta merupakan pelanggan selular, dan 30 juta jaringan tetap, dan 15,1 juta di broadband, dan 11,6 juta gaji klien TV.

Carlos Slim telah meninggalkan sebagian besar papan perusahaan, dan saat ini menjabat sebagai: Ketua Dewan Direksi Impulsora del Desarrollo y el Empleo en América Latina, SA de CV (IDEAL); Ketua Fundación Telmex, AC, Ketua Carlos Slim Helú Fundación, AC, Ketua Komite Eksekutif Consejo Consultivo de Restauración del Centro Histórico, dan Ketua Fundación del Centro Histórico, AC.

Mr Slim terus aktif dalam bisnis meskipun usaha utamanya dan pekerjaan difokuskan pada pendidikan, kesehatan dan pekerjaan di Meksiko dan Amerika Latin, melalui yayasan ia kursi dan perusahaan di arena infrastruktur; ketiga anaknya, Carlos, Marco Antonio dan Patrick Domit Slim, telah mengambil alih kendali bisnisnya.

Mr Slim telah mengajar di lembaga-lembaga publik dan swasta serta di organisasi internasional seperti Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin (ECLA). Dia adalah anggota Dewan Direksi Altria (sebelumnya Philip Morris Companies), dan juga Anggota Dewan untuk SBC Communications, Inc, dari mana ia pensiun pada tahun 2004 untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk proyek IDEAL, Impulsora para el Desarrollo y el Empleo en América Latina, dengan penekanan khusus pada infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

Dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bursa Efek Meksiko dan Ketua Asosiasi Perusahaan Meksiko Brokerage. Dia adalah Ketua pertama dari Komite Amerika Latin dari Direksi Bursa Efek New York.

Carlos Slim Helu dan istrinya Soumaya Domit de Slim (almarhum) memiliki enam anak: Carlos, Marco Antonio, Patrick, Soumaya, Vanessa dan Johanna. Mr Slim memiliki gairah untuk sejarah, seni dan alam, ia juga merupakan penggemar besar bisbol dan telah menulis beberapa artikel tentang olahraga.

Pada 16 Desember 2008, Insinyur Carlos Slim Helu dinominasikan anggota Penelitian dan Development Corporation Dewan Eksekutif, sebuah organisasi penelitian nirlaba di Amerika Serikat yang menawarkan penilaian dan solusi tentang perdagangan dan politik, antara lain aspek, di seluruh dunia.

Pada saat Eng. Slim terpilih anggota dewan eksekutif, Presiden dan Direktur Eksekutif RAND Corporation, James A. Thomson menyatakan: "Ini adalah sebuah kehormatan untuk disertakan dalam dewan eksekutif organisasi RAND bisnis ini dibedakan dan pemimpin dermawan" dan menambahkan: "Tidak diragukan lagi , Carlos Slim Helu akan membantu perusahaan untuk meningkatkan 60 tahun kesuksesan dengan menyediakan analisis obyektif dan solusi efektif terkait dengan tantangan baru yang sektor swasta dan publik menghadapi seluruh dunia ".

ITU Dan UNESCO mengumumkan FUNDS 10 Mei, di Genéve, Swiss, penciptaan tingkat Atas Komisi Broadband dunia untuk Pembangunan Digital Dan diketuai Oleh Mr Carlos Slim Dengan program-program sosial-dampak tinggi, dengan fokus pada kelompok masyarakat yang rentan, pada tahun 2011, Carlos Slim Foundation manfaat langsung lebih dari 29.700.000 orang.

Kemudian pada tahun 2012 majalah Forbes menulisnya sebagai orang terkaya dengan kekayaan bersih sebesar $ 69 miliar. Ini sekaligus menghapus posisi Bill Gates yang telah mendudukinya selama hampir 10 tahun terakhir.
Analisis mengenai keberhasilan Carlos Slim Helu:

Keberhasilan Carlos Slim Helu tidak lepas dari sifat-sifat yang dimilkinya, beberapa sifat dan sikap yang patut dicontoh darinya yakkni:
·         Tidak pernah menyerah dalam melakukan sesuatu, itu terbukti dari usahanya yang pasang surut namun ia terus melakukan usaha yang diyakini akan berhasil.
·         Memantapkan keyakinan dan berorientasi terhadap tujuan, ini dapat kita lihat ketika dia berubah haluan usaha namun dia tetap memiliki tujuan yang jelas terhadap usahanya.
·         Pandai melihat peluang, dengan hal ini membuat seseorang dapat menentukan usaha apa yangseharusnya diambil dengan menyesuaikan kondisi di sekitarnya.
·         Menjalin kerjasama yang baik dengan orang lain, hal ini tentu sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha yang kita lakukan.
·         Jujur dan bertanggung jawab terhadap segala urusan yang dikerjakan membuat orang lain dapat mempercayai kita dan bahkan bisa membantu usaha kita untuk berkembang.
·         Sederhana dan tetap rendah hati, tidak menunjukkan kesombongan apabila terlah berhasil karena akan sangat berpengaruh pada usaha kita ke depannya.
·         Peduli terhadap lingkungan dan lingkungan social, membuat orang di sekitar kita memberikan dukungan secara moral maupun material untuk menunjang eksistensi usaha kita.
Mungkin itu beberapa sifat dan sikap yang bisa kita teladani dari profil Carlos Slim Helu sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

0 komentar:

Posting Komentar

Next